Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Tidak lengkap rasanya kalau makan nasi goreng atau sate tanpa kehadiran acar timun. Ya, acar timun sering disajikan sebagai pelengkap berbagai hidangan seperti nasi goreng, martabak telur, sate, mi, dan makanan lainnya. Namun, katanya makan acar tidak dianjurkan untuk penderita hipertensi karena dapat memicu tekanan darah naik.

Acar adalah salah satu makanan segar yang disukai banyak orang. Makanan ini terbuat dari timun, wortel, dan bawang yang dipotong-potong, kemudian difermentasi dengan gula, garam, dan cuka sehingga rasanya sangat segar saat disantap bersama makanan lainnya.

Baca juga : Cara Membersihkan Paru-paru Perokok Pasif

Sekilas, acar tampak aman-aman saja untuk kesehatan karena dibuat dari aneka sayur atau buah. Akan tetapi, para ahli justru mengungkapkan fakta sebaliknya, yaitu kebanyakan makan acar bisa membuat tekanan darah naik.

Satu buah acar timun ukuran sedang mengandung 569 miligram natrium. Sementara berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kemenkes RI, angka kecukupan natrium untuk orang dewasa (usia 19-49 tahun) adalah 1.500 miligram setiap harinya. Ini artinya, kandungan natrium pada acar timun setara dengan sepertiga dari jumlah maksimum natrium per hari.

Selain menyebabkan tekanan darah naik, acar yang dikonsumsi terlalu banyak dapat memicu penyakit kronis lainnya seperti maag, diabetes, hingga gangguan ginjal. Seiring berjalannya waktu, tekanan darah tinggi yang dibiarkan terus menerus dapat merusak pembuluh darah dan memicu serangan jantung.

source: hellosehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Apotek Ceper support by PT. PMI

Telepon Kami       (0272) 555 400