Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Sebelum menjelaskan mengenai asupan pengganti nasi, hal penting yang harus dipahami adalah Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan agar karbohidrat membentuk 45 hingga 65 persen dari total kalori harian. Jadi, jika Anda mendapat 2.000 kalori sehari, 900 sampai 1.300 kalorinya harus bersumber dari karbohidrat atau sekitar 225-325 gram karbohidrat sehari.

Karbohidrat adalah sumber utama tubuh dalam mendapatkan energi. Setelah karbohidrat masuk ke tubuh dan diubah menjadi glukosa, zat ini bisa diserap sel-sel tubuh dengan bantuan hormon insulin.

Saat karbohidrat masuk ke dalam tubuh terlalu banyak, hormon insulin berisiko tidak mampu membantu glukosa terserap ke sel-sel tubuh. Kondisi ini membuat kadar gula di dalam darah akan meningkat, sehingga berisiko menjadikan Anda terkena diabetes.

Berikut ini adalah beberapa makanan pengganti nasi yang bisa Anda konsumsi, di antaranya:

1. Telur

Telur adalah salah satu makanan pengganti nasi paling sehat dan bergizi. Telur sarat dengan berbagai nutrisi dan senyawa yang dapat meningkatkan kesehatan mata hingga otak. Selain itu, telur sama sekali tidak mengandung karbohidrat.

2. Daging

Daging sapi dan domba. Daging sapi bisa membuat Anda kenyang dan sarat dengan nutrisi penting seperti zat besi dan vitamin B12.

Seperti daging sapi, domba juga mengandung banyak nutrisi bermanfaat. Domba cenderung tinggi dalam fatty acid conjugated linoleic acid (ACL). Daging sapi maupun domba tidak mengandung karbohidrat sama sekali.

Selain itu, makanan pengganti nasi lainnya adalah ayam. Ayam mengandung banyak nutrisi bermanfaat dan sumber protein yang sangat baik. Jika Anda melakukan diet rendah karbohidrat, meningkatkan asupan daging mungkin merupakan pilihan yang tepat.

4. Salmon

Salmon adalah salah satu jenis ikan yang paling populer untuk meningkatkan kesehatan. Salmon mengandung lemak sehat yaitu omega-3 yang berguna untuk menjaga jantung tetap sehat. Selain itu, salmon juga mengandung vitamin B12, yodium, dan vitamin D3 dalam jumlah yang cukup.

Baca juga: 

5. Sardencis

Sarden adalah ikan yang bisa dimakan utuh, termasuk tulangnya. Sarden juga termasuk ikan yang mengandung hampir setiap nutrisi tunggal yang dibutuhkan tubuh.

6. Brokoli

Makanan pengganti nasi berikutnya tidak hanya bersumber dari hewani tapi juga bisa bersumber dari nabati seperti brokoli. Sayuran berwarna hijau yang dapat dimakan baik mentah maupun dimasak ini memiliki kandungan vitamin C, vitamin K, dan serat yang tinggi. Kandungan karbohidratnya terbilang rendah yaitu dalam 100 gram brokoli mengandung 7 gram karbohidrat.

7. Tomat

Penyebutan makanan pengganti nasi berikut masih menjadi perdebatan. Secara teknis tomat adalah buah akan tetapi biasanya dimakan sebagai sayuran. Tomat kaya vitamin C dan potassium. Dalam 100 gram tomat terdapat 4 gram karbohidrat.

8. Kale

Kale adalah sayuran yang sangat populer di kalangan individu yang sadar kesehatan karena menawarkan banyak manfaat bagi tubuh. Kale sarat dengan serat, vitamin C dan K, serta antioksidan karoten, sehingga bisa dijadikan makanan pengganti nasi. Dalam 100 gram kale mengandung 10 gram karbohidrat.

9. Terong

Terong adalah buah yang biasa dikonsumsi sebagai sayuran. Terong memiliki serat yang sangat tinggi sehingga bisa dijadikan makanan pengganti nasi. Dalam 100 gram terong terdapat 6 gram karbohidrat.

10. Mentimun

Mentimun adalah sayuran yang mejmiliki rasa ringan. Kandungannya sebagian besar terdiri dari air, dengan sejumlah kecil vitamin K. Dalam 100 gram mentimun mengandung 4 gram karbohidrat.

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Apotek Ceper support by PT. PMI

Telepon Kami       (0272) 555 400