Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Apa itu hepatitis? Anda tentu sudah pernah mendengar tentang penyakit ini. Penyakit hepatitis adalah suatu peradangan yang terjadi pada hati. Penyakit hepatitis adalah penyakit yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Terdapat 5 jenis virus penyebab hepatitis yaitu virus hepatitis A, B, C, D, E.

Apa Saja Jenis Penyakit Hepatitis?

Sempat disebutkan di penjelasan awal bahwa ada 5 jenis hepatitis. Infeksi virus pada hati yang diklasifikasikan sebagai hepatitis termasuk hepatitis A, B, C, D, dan E. Virus yang berbeda bertanggung jawab untuk setiap jenis hepatitis yang ditularkan oleh virus.

Hepatitis A selalu merupakan penyakit akut jangka pendek, sedangkan hepatitis B, C, dan D paling mungkin menjadi berkelanjutan dan kronis. Hepatitis E biasanya akut tetapi bisa sangat berbahaya pada wanita hamil.

Baca juga: Jenis dan Penyebab Infeksi Telinga Tengah

Selengkapnya simak jenis-jenis hepatitis berikut ini:

1. Hepatitis A

Hepatitis A disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A (HAV). Jenis hepatitis ini paling sering ditularkan melalui mengonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi oleh feses dari seseorang yang terinfeksi hepatitis A.

2. Hepatitis B

Hepatitis B ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh yang menular, seperti darah, cairan vagina, atau air mani, yang mengandung virus hepatitis B (HBV). Penggunaan narkoba suntikan, berhubungan seks dengan pasangan yang terinfeksi, atau berbagi alat cukur dengan orang yang terinfeksi meningkatkan risiko terkena hepatitis B.

3. Hepatitis C

Hepatitis C berasal dari virus hepatitis C (HCV). Penyakit hepatitis C ditularkan melalui kontak langsung dengan cairan tubuh yang terinfeksi, biasanya melalui penggunaan narkoba suntikan dan kontak seksual. HCV adalah salah satu infeksi virus darah yang paling umum di Amerika Serikat. Sekitar 2,7 hingga 3,9 juta orang Amerika saat ini hidup dengan bentuk kronis dari infeksi ini.

4. Hepatitis D

Juga disebut delta hepatitis, hepatitis D adalah penyakit hati yang serius yang disebabkan oleh virus hepatitis D (HDV). HDV dikontrak melalui kontak langsung dengan darah yang terinfeksi. Penyakit Hepatitis D adalah bentuk hepatitis langka yang hanya terjadi bersamaan dengan infeksi hepatitis B. Virus hepatitis D tidak dapat berkembang biak tanpa kehadiran hepatitis B.

5. Hepatitis E

Hepatitis E adalah penyakit yang ditularkan melalui air yang disebabkan oleh virus hepatitis E (HEV). Hepatitis E terutama ditemukan di daerah dengan sanitasi yang buruk dan biasanya disebabkan air yang tercemar kotoran.

Penyebab Hepatitis

Hepatitis adalah penyakit yang muncul oleh beberapa penyebab, di antaranya:

1. Alkohol dan racun lainnya

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hati dan peradangan. Ini kadang-kadang disebut sebagai hepatitis alkoholik. Alkohol langsung melukai sel-sel hati Anda. Seiring waktu, itu dapat menyebabkan kerusakan permanen dan menyebabkan gagal hati dan sirosis, penebalan dan jaringan parut pada hati. Penyebab lainnya, hepatitis disebabkan oleh overdosis obat dan paparan racun.

2. Penularan hepatitis melalui air dan makanan

Hepatitis A disebabkan oleh mengkonsumsi makanan atau air yang terinfeksi virus hepatitis A (HAV), seringkali saat bepergian ke luar negeri. Virus ini juga dapat ditularkan melalui kontak anal-oral saat berhubungan seks atau dengan menyuntikkan obat.

3. Kontak dengan cairan tubuh

Hepatitis B disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV) dan menyebar melalui kontak dengan darah yang terinfeksi, air mani, dan beberapa cairan tubuh lainnya. Ini bisa menjadi penyakit menular seksual (PMS).

4. Infeksi

Hepatitis C sebagian besar disebabkan oleh infeksi perkutan, terjadi ketika virus HCV berada di bawah kulit. Biasanya menyebar melalui narkotika suntik, cedera jarum suntik, dan kurangnya kontrol infeksi dalam pengaturan perawatan kesehatan.

Baca juga: Penyebab, Faktor Risiko dan Gejala Akromegali

Source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Apotek Ceper support by PT. PMI

Telepon Kami       (0272) 555 400