Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Infeksi telinga tengah atau juga disebut otitis media ini terjadi ketika bakteri atau virus menginfeksi bagian telinga tengah, area telinga yang berada di balik gendang telinga. Infeksi telinga ini dapat bersifat akut maupun kronik.

Jenis infeksi telinga tengah umumnya terbagi menjadi tiga jenis, berikut penjelasannya:

1. Otitis Media Akut

Acute otitis media (AOM) atau otitis media akut adalah bentuk infeksi telinga yang paling sering dan paling serius. pada jenis ini, telinga tengah terinfeksi dan bengkak, dan cairan terperangkap di belakang gendang telinga. Kemungkinan gejala lainnya termasuk demam.

Baca juga: Faktor, Pengobatan dan Pencegahan Kanker Kelenjar Getah Bening

2. Otitis Media dengan Efusi

Otitis media with effusion (OME) atau otitis media dengan difusi. Setelah infeksi telinga berlangsung, mungkin terdapat cairan yang tertinggal di gendang telinga. penderita OME mungkin tidak mengalami gejala, tetapi dokter akan memeriksa cairan yang tersisa.

3. Otitis Media Kronis dengan Efusi

Chronic otitis media with effusion (COME) atau otitis media kronis dengan efusi, adalah ketika cairan sering kali kembali ke telinga tengah, dengan atau tanpa infeksi. Kondisi ini menyebabkan berkurangnya kemampuan untuk melawan infeksi lain dan berdampak negatif pada kemampuan pendengaran.

Penyebab infeksi telinga tengah, infeksi telinga terjadi ketika saluran tuba eustachius membengkak atau menghambat dan cairan menyumbat telinga tengah. Saluran tuba eustachius adalah saluran kecil yang menghubungkan langsung ke telinga dengan tenggorokan. Penyebab penyumbatan pada tuba eustachius adalah:

  • Alergi
  • Flu
  • Infeksi sinus (sinusitis)
  • Produksi mukus yang berlebihan
  • Paparan asap rokok
  • Amandel yang bengkak atau terinfeksi (tonsillitis).

Tuba eustachius pada anak-anak cenderung lebih pendek dan lebih datar sehingga infeksi telinga pada anak akan lebih sering terjadi dibandingkan dengan orang dewasa.

Baca juga: Penjelasan, Penyebab dan Jenis Malaria

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Apotek Ceper support by PT. PMI

Telepon Kami       (0272) 555 400