Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Apa itu kanker prostat? Kanker prostat adalah kanker yang terjadi di prostat, yaitu kelenjar kecil yang merupakan bagian dari sistem reproduksi dan terletak di bagian dasar kandung kemih. Kelenjar ini memiliki fungsi penghasil semen dan membawa cairan semen yang dikeluarkan bersama sperma.

Jenis kanker prostat terbagi menjadi lima, berikut penjelasan jenis kanker prostat:

Baca juga: Penyebab, Gejala dan Faktor Kanker Paru – Paru

1. Acinar Adenocarcinoma

Adenokarsinoma adalah kanker yang tumbuh pada sel kelenjar yang melapisi kelenjar prostat. Ini adalah jenis kanker prostat yang paling umum. Hampir setiap penderita kanker prostat memiliki janis ini.

2. Ductal Adenocarcinoma

Jenis kanker prostat ini mulai tumbuh pada sel yang melapisi saluran kelenjar prostat. Ini cenderung tumbuh dan menjalar lebih cepat daripada acinar adenocarcinoma.

3. Transitional Cell Cancer

Transitional cell cancer mulai tumbuh pada sel-sel yang melapisi saluran, yang mengalirkan urine ke luar tubuh (uretra).

Jenis kanker ini biasanya mulai tumbuh di kandung kemih dan menjalar ke prostat. Tetapi jarang mulai di prostat dan dapat menyebar ke  kandung kemih dan jaringan di sekitarnya.

4. Squamous Cell Cancer

Kanker jenis ini berkembang dari sel-sel yang menutupi prostat. Kanker cenderung tumbuh dan menjalar lebih cepat daripada adenocarcinoma dari prostat.

5. Small cell prostate cancer

Sementara jenis kanker prostat yang satu ini terdiri dari sel bulat kecil. Kanker ini adalah jenis kanker neuroendocrine.

6. Jenis Kanker Prostat Langka Lainnya

Kanker prostat langka lainnya dapat berkembang di prostat, di antaranya neuroendocrine tumours (NETs) dan sarcoma.

Baca juga: Penjelasan, Penyebab dan Jenis Malaria

Hingga kini penyebab kanker prostat sendiri belum diketahui dengan pasti. Sebuah studi mengungkapkan bahwa 1 dari 3 pria yang berusia di atas 50 tahun memiliki beberapa sel kanker di prostat.

Meski tidak ada alasan yang diketahui dengan pasti hal-hal yang menyebabkan kanker prostat, berikut penyebab dan faktor risiko yang terkait dengan kanker prostat:

1. Usia

Risiko kanker prostat bisa meningkat seiring bertambahnya usia. Kanker prostat jarang ditemukan pada pria di bawah usia 40 tahun. Kerusakan pada materi genetik (DNA) sel-sel prostat lebih cenderung terjadi pada pria diatas usia 55 tahun. Sel-sel prostat yang rusak atau abnormal dapat mulai tumbuh di luar kendali dan membentuk tumor.

2. Ras

Pria kulit hitam memiliki risiko yang lebih besar terkena kanker prostat. Pada pria kulit hitam, kanker prostat juga lebih cenderung menjadi agresif dan menjadi penyebab kematian.

Pria Afrika-Amerika memiliki insiden penyakit tertinggi kanker prostat. Satu dari enam pria Afrika-Amerika akan mendapatkan kanker prostat dan lebih cenderung terkena penyakit ini pada usia lebih dini.

Alasan mengapa kanker prostat lebih banyak terjadi pada pria Afrika-Amerika belum jelas, namun hal ini bisa disebabkan karena faktor sosial ekonomi, lingkungan, pola makan atau faktor lainnya. Ras lain seperti pria Hispanik dan Asia, kecil kemungkinan terkena kanker prostat.

3. Riwayat Keluarga

Jika dalam keluarga ada yang pernah mengalami kanker prostat, risiko Anda untuk mengalami hal yang sama bisa meningkat. Selain itu, jika Anda memiliki gen keluarga dengan risiko kanker payudara (BRCA1 atau BRCA2), risiko kanker prostat juga bisa lebih tinggi.

4. Obesitas

Jika Anda didiagnosis mengalami obesitas, risiko Anda untuk mengalami kanker prostat jauh lebih tinggi. Salah satu cara untuk mengurangi risiko adalah dengan menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan ideal

5. Pola Diet dan Gaya Hidup

Pola diet dan gaya hidup ternyata dapat memengaruhi risiko terjadinya kanker prostat. Meski begitu, dua hal yang saling terkait ini belum bisa dibuktikan dengan jelas. Risiko Anda mungkin lebih tinggi jika mengonsumsi lebih banyak kalori, lemak hewani, gula putih/kristal dan kurangnya asupan buah dan sayuran.

Selain itu, sebuah studi menunjukkan risiko kanker prostat meningkat untuk seorang perokok berat. Merokok dikaitkan dengan risiko kematian akibat kanker prostat yang lebih tinggi.

Gejala kanker prostat, pada tahap awal, gejala kanker prostat biasanya tidak muncul sampai prostat cukup besar untuk memengaruhi tabung yang membawa urine dari kandung kemih keluar dari penis (uretra).

Berikut adalah ciri-ciri kanker prostat tahap lanjut yang bisa Anda kenali, antara lain:

  • Sering buang air kecil tiba-tiba di malam hari.
  • Kesulitan memulai dan mempertahankan buang air kecil.
  • Darah dalam urine.
  • Nyeri tulang, sering terjadi di tulang belakang, tulang paha, panggul, atau tulang rusuk.
  • Disfungsi ereksi.

Tanda dan gejala kanker prostat di atas tidak boleh diabaikan, segera konsultasi dengan dokter untuk menentukkan penanganan yang sesuai.

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Apotek Ceper support by PT. PMI

Telepon Kami       (0272) 555 400