Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Hidung berdarah adalah kondisi yang mungkin membuat Anda khawatir, namun sebenarnya hidung berdarah tidak selalu berarti kondisi medis yang membahayakan. Ketahui penyebab hidung berdarah, cara mengatasi hidung berdarah, dll.

Penyebab Hidung Berdarah

Apakah Anda pernah mengalami hidung berdarah atau yang sering disebut dengan mimisan? Kondisi ini sebenarnya adalah kondisi yang umum dan dapat terjadi oleh siapa saja.

Terdapat banyak suplai pembuluh darah di hidung, saat pembuluh darah tersebut rusak karena berbagai penyebab, kondisi tersebutlah yang disebut dengan hidung berdarah.

Ketahui apa saja penyebab hidung berdarah, berikut ini:

Baca juga: Penjelasan: Tidak Boleh Makan Peda, Pantangan dan Pengobatan Sariawan

1. Cuaca Dingin atau Kering

Udara dingin dan udara yang kering dapat membuat pembuluh darah Anda rusak karena tubuh Anda tidak memiliki uap air yang cukup pada suhu tersebut. Pada musim dingin juga udaranya kurang lembap sehingga hidung Anda menjadi kering dan iritasi.

Kondisi hidung kering ini dapat menyumbat dan merusak pembuluh darah di hidung dan mengakibatkan infeksi hingga keluar darah dari hidung.

2. Objek Asing di Hidung

Anak kecil cenderung memasukan benda atau objek asing ke dalam hidungnya dan itu dapat menyebabkan mimisan. Sumbatan dari objek asing itu dapat membuat trauma dan merusak pembuluh darah hingga hidung berdarah.

3. Infeksi Saluran Pernapasan

Penyebab hidung berdarah yang selanjutnya adalah karena infeksi pernapasan atau hidung tersumbat.

Saat hidung Anda tersumbat, Anda akan menarik dan menghembuskan napas lebih sering dan lebih keras untuk melegakan pernapasan, namun kondisi ini malah berisiko merusak pembuluh darah di hidung dan menyebabkan keluar darah dari hidung.

4. Kelainan Anatomi

Kelainan anatomi pada struktur hidung dapat menyebabkan mimisan. Kelainan anatomi tersebut meliputi septum hidung yang menyimpang atau patah pada tulang hidung. Kelainan hidung ini dapat mengurangi kelembapan hidung sehingga menyebabkan keluar darah dari hidung.

5. Mengupil

Ternyata mengupil juga dapat menyebabkan hidung berdarah. Anda mungkin terlalu asyik mengupil hingga mengorek hidung terlalu dalam dan merusak pembuluh darah di hidung dan menyebabkan keluar darah dari hidung.

6. Paparan Bahan Kimia

Penyebab hidung berdarah yang selanjutnya adalah karena paparan bahan kimia. Bila Anda menghirup bahan kimia yang keras seperti amonia, kandungannya dapat merusak pembuluh darah di hidung.

7. Pengobatan Tertentu

Efek samping dari obat-obatan tertentu dapat membuat hidung berdarah, seperti obat aspirin, warfarin, dan obat pengencer darah lainnya.

Baca juga: Cara Mencegah Penyakit Ginjal yang Mesti Kita Ketahui

8. Tumor Hidung

Tumor hidung adalah kondisi yang jarang, namun salah satu gejalanya adalah hidung berdarah atau mimisan. Gejala tumor hidung lainnya adalah sakit di area mata, hidung tersumbat, dan fungsi indra penciuman yang semakin menurun.

9. Pilek

Penyebab hidung berdarah lainnya adalah karena Anda sedang mengalami pilek, alergi, atau sinusitis. Apabila Anda berusaha mengeluarkan ingus terlalu kuat, itu akan menyebabkan ingus berdarah atau ingus bercampur darah.

Penyebab hidung berdarah lainnya, meliputi:

  • Mengeluarkan ingus terlalu kuat dan sering dapat menyebabkan ingus berdarah atau ingus bercampur darah
  • Rongga hidung atau bagian sinus yang kering
  • Radang atau iritasi karena infeksi atau alergi di hidung
  • Cedera atau terkena benturan keras pada hidung
  • Tekanan darah tinggi
  • Kelainan darah atau kondisi darah abnormal karena penyakit tertentu
  • Scurvy atau penyakit kekurangan vitamin C
  • Kemoterapi
  • Gagal jantung

Hidung berdarah juga dapat terjadi karena penggunaan suplemen tertentu seperti suplemen vitamin E, obat herbal ginko biloba, dan penyalahgunaan obat terlarang cocaine.

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2022 - Apotek Ceper support by PT. PMI

Telepon Kami       (0272) 555 400

Terima kasih telah mempercayakan pengelolaan website Anda dengan Penjuru Media